Desainer Furniture Indonesia, Menerapkan Budaya yang Kian Pudar

Desainer Furniture Indonesia, Menerapkan Budaya yang Kian Pudar

Desainer Furniture Indonesia, Menerapkan Budaya yang Kian Pudar

Desainer furniture adalah membuat rancangan produk perabotan. Seorang desainer furniture Indonesia menciptakan konsep seimbang antara inovasi, fungsionalitas dan estetika.

Rancangan dapat diproduksi dalam jumlah kecil atau besar, bahkan satuan. Perancang furniture dapat membuat desainnya saja. Lebih-lebih jika menjadi pengrajin yang terampil maka sekaligus membuat perabot sendiri.

Pergeseran Gaya pada Desainer Furniture Indonesia

Keterbukaan budaya tandanya dengan adanya kebebasan perlintasan antar budaya yang terjadi dalam berbagai negara selama beberapa  abad. Salah satu dampaknya adalah perubahan dari masyarakat tradisional menjadi modern.

Furniture merupakan salah satu artefak yang dihasilkan selama proses perubahan itu terjadi. Karya desain furniture menjadi variabel utama dalam pengkajian transformasi budaya. Unsur modernisasi antara lain terletak pada pola pikir, gaya hidup dan perkembangan teknologi.  Fenomena tersebut menjadi proses transformasi budaya baik karya estetis maupun pemikiran konseptual. Nilai estetis menjadi model karya desainer furniture Indonesia dalam keterbukaan budaya yang luas. 

Perkembangan Furniture dari Masa ke Masa

Desainer furniture Indonesia sudah menjadi bagian dari pengalaman manusia mulai dari awal sejarah. Perubahan zaman telah mempengaruhi aspek kehidupan. Termasuk desain furniture dan interior gaya hunian. Setelah kemerdekaan, rumah dan bangunan mulai bergaya modern. Kemudian urusan furniture bergaya Indonesia klasik.

Mebel akan dominan nuansa etnik yang kental. Kemudian motifnya bunga atau unsur alami lainnya. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan khas seperti rotan.

Model furniture yang paling populer adalah dengan karakteristik kaki runcing dan bentuk kursi miring.

Pada tahun 80an perkembangan ekonomi pesat dan perabotan sangat terkenal waktu itu. Perabot yang terkenal adalah kursi lipat dengan bahan bantal karet. Berpadu dengan kursi merak dan meja samping yang biasanya terletak dalam teras.

Selanjutnya pada 1990an, rumah minimalis mulai banyak dikenal di Indonesia. Para desainer furniture Indonesia banyak memenuhi permintaan perabot minimalis. Sehingga menyaingi furniture dengan gaya mediterania dan klasik. Saat ini model tersebut terkesan kuno dan berat.

Sebab, banyak yang beranggapan jika furniture minimalis lebih praktis. Kemudian kesan estetika modern dan desainnya sederhana. Lebih menariknya lagi bahan baku lebih hemat dan perpaduan warna netral serta cerah.

Gaya Desain Furniture Favorit Sepanjang Masa

Sebenarnya pada setiap periode akan mempunyai desain perabot dengan karakter unik. Hal tersebut merupakan representasi dari keadaan sosial masyarakat waktu itu.

Sejarah peradaban manusia, akan mempengaruhi berbagai macam gaya dan bentuk dari furniture. Gaya furnitur akan mencerminkan dari karakter masyarakat dan perkembangan zaman pada waktu itu.

Meskipun keberadaan furniture tersebut sudah jarang ada, namun banyak desainer modern yang mencontoh gaya lama. Kemudian menerapkannya atau mengkombinasikan dengan furniture baru. 

Apabila untuk desainer furniture Indonesia yang tetap menerapkan nilai budaya. Tentunya ingin memperoleh desain furniture yang tidak biasa. Untuk itu desain yang sudah jarang ditemui tersebut menarik untuk dicoba.

Salah satu gaya favorit sepanjang masa adalah gotik. Furniture ini mempunyai ciri dengan banyak ornamen pahatan. Kemudian menggunakan tiang-tiang dan bentuk lajur. Teknik guntingan dan sulaman juga terpakai, terutama perlengkapannya menggunakan bahan kain. 

Selanjutnya adalah gaya desain renaissance dengan hiasan gambar atau lukisan. Namun seiring berjalannya waktu, lukisan tidak lagi mendominasi perabot. Lalu beralih ke bentuk atau pola geometris yang telah mencirikan perkembangan ilmu pengetahuan waktu itu. 

Tugas Desainer Furniture

Seorang desainer furniture mempunyai tugas yang sangat kompleks. Antara lain membuat sketsa ide awal. Caranya dengan menggambar tangan atau komputer sesuai dengan rancangan yang klien kehendaki.

Selain itu, desainer furniture Indonesia harus memperkirakan bagaimana tampilan akhir dari perabot yang mereka rancang. Kemudian memperhatikan seberapa praktis dari perabot. 

Biaya, ketersediaan bahan, dan keamanan dari rancangan yang mereka buat menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Setelah membuatnya, maka perlu pengetesan ide rancangan memakai model, prototipe, dan desain.

Untuk lebih jelasnya dapat menggunakan software komputer untuk mempermudah tahap pengetesan. Kemudian mempersiapkan desain akhir lebih terperinci.

Desainer perabot biasanya akan melakukan kerjasama dengan para tenaga profesional lainnya. Misalnya saja manajer produksi, insinyur desain dan staf pemasaran. Pemilihan bahan baku harus secara tepat. Baik itu untuk jenis kayu, logam, plastik atau kain.

baca juga: Alvin Tjitrowirjo Desainer Furnitur Indonesia

Keterampilan Menjadi Desainer Furniture

Desain merupakan pengetahuan mengenai teknik, prinsip dan peralatan. Termasuk diantaranya adalah kemampuan memproduksi rancangan teknikal yang presisi, gambar, dan model.

Pengetahuan teori dan teknik penting. Hal ini menciptakan, memproduksi, dan melakukan karya pahatan serta seni visual.

Menjadi desainer furniture Indonesia kini sudah banyak yang tidak menerapkan budaya yang ada. Sehingga perlu perhatian penuh untuk mempelajarinya. Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide yang baru sangat penting. Terutama untuk pekerjaan yang bersifat artistik. 

Kestabilan lengan dan tangan sangat perlu saat bergerak. Kemudian yang paling penting adalah menghasilkan banyak ide untuk satu topik. Jadi bukan mengenai kualitas atau kreativitas.

Kemampuan melihat detail dalam jarak dekat sangat penting juga. Selain itu, seorang desainer harus memiliki kemampuan untuk mendatangkan ide cemerlang terhadap topik. Tidak kalah penting adalah mengembangkan cara kreatif saat memecahkan masalah.

Desainer furniture Indonesia merupakan profesi yang banyak diminati. Di tengah perkembangan zaman seperti ini, banyak tuntutan untuk lebih kreatif dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

id Indonesian
X
Yuk Chat
Butuh bantuan?
Merapahsinau Live Chat
Halo 👋
Selamat Datang di Merapahsinau 😁
Ada yang bisa kami bantu mengenai "Desainer Furniture Indonesia, Menerapkan Budaya yang Kian Pudar"?