BAMBU SI SERBAGUNA

   Jarang diketahui, ini dia Potensi Bambu untuk Industri Kreatif. Tak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa pohon bambu memiliki manfaat untuk menjaga lingkungan. Padahal, potensi bambu di Indonesia cukup tinggi dengan peringkat pengekspor ketiga di dunia, setelah India dan Tiongkok. Melihat banyaknya manfaat bambu, organisasi Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (Perpubi) semakin gencar untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

   Pendiri Perpubi, Dede Sujana mengatakan jika Indonesia memiliki 160 jenis bambu , dan ada 1.500 jenis bambu di dunia. “Di Jawa Barat ada 40 jenis bambu, jenis yang paling dikenal adalah bambu tali, gombong, betung, dan haur,” ujar Dede di Kampung Bambu, Jalan Padasuka Km 4, Cimenyan, Bandung, Senin (19/11/2018).

   Populasi bambu yang paling banyak di Jawa Barat berada di daerah selatan seperti Sukabumi, Pangandaran, dan Sumedang. Organisasi pelaku usaha bambu yang berada di seluruh Indonesia ini baru terbentuk pada 2018 yang berfungsi untuk mewadahi pelaku usaha bambu. “Bambu itu tak hanya sekedar tanaman yang kaya manfaat untuk lingkungan. Bambu juga bisa dikembangkan menjadi produk kreatif,” ujar Dede.

Tribun Jabar/ Putri Puspita

Panitia Pelaksana Bambu Is Wonderful, Dudi Darma Bakti (baju hitam) dan Pendiri Perpubi, Dede Sujana (kemeja kotak-kotak)

   Sambil memperlihatkan hasil produknya, Dede menjelaskan satu persatu produk yang dikreasikan dari tanaman bambu. “Bambu dahulunya digunakan untuk papan balok kayu, bisa juga jadi kursi. Sekarang bambu dibuat lebih kreatif seperti cangkir, tempat flashdisk, tumblr, jam hingga sedotan,” ujarnya. Bambu, jenis tanaman ini mudah ditemukan, tapi tak dimanfaatkan secara optimal. Sejak beberapa tahun belakangan, pamor bambu mulai terangkat. Sejuta manfaat bambu mulai terkuak perlahan.

   Pada sisi lain, di Pusat Pelestarian Bambu di Cibinong, Jawa Barat terdapat dua belas bambu yang siap ditanam. Bambu-bambu itu berasal dari lima spesies yang sudah mulai langka. Satu di antaranya adalah bambu Bitung. Kata Jatnika, pengelola Yayasan Bambu Indonesia, “Betung Wulung itu hampir langka. Hampir punah. Itu akan cocok untuk mebel, furniture. Warnanya hitam, jenisnya besar, sehingga dapat digunakan sebagai tiang. Tapi belum ada yang melestarikan dan memanfaatkannya. Saya sedang mencoba untuk dua jenis ini dan akan mengembangkannya lebih baik. “

Hai sobat merahu, selain berfungsi sebagai furnitur, bambu dapat bermanfaat bagi lingkungan, loh!
keren bukan?

Berikut manfaat bamboo yang sangat serbaguna, selain untuk bahan mebel furnitur:

1. Mencegah Erosi

   Bambu juga tangguh untuk mencegah penggerusan alias erosi sungai. Dengan alasan ini, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia alias Kehati bersama dengan PT Alstom Indonesia memilih menanam 3000 batang bambu di daerah aliran sungai Ciliwung dan Sungai Pesanggrahan. Tempat ini sekaligus jadi Pusat Pelatihan Pengembangan Bambu, milik Yayasan Bambu Indonesia di Cibinong, Jawa Barat. Ini juga salah satu daerah aliran sungai Ciliwung, sungai terbesar yang mengalir dari Bogor dan berakhir di Teluk Jakarta.

   Setiap tahun sungai ini rutin meluap dan merendam sejumlah permukiman Jakarta. Bambu mulai ditanami di markas Yayasan Bambu Indonesia sejak 1997. Dengan luas lahan mencapai 11,5 hektar, kini terdapat ribuan batang bambu dari berbagai jenis. Sebanyak 27 di antaranya merupakan spesies yang mulai langka. Bambu tak hanya ditanam di daerah hulu, tapi juga hilir. Ada Bang Idin alias Chaerudin, yang juga menggunakan bambu di tepi Kali Pesanggrahan Jakarta Selatan: “Setiap bulan kita melepas biota sungai. Setiap bulan kita lepas. Jadi bambu punya keunggulan, akarnya untuk pemijahan ikan. Rumpon pemijahan untuk biota sungai-sungai itu kelebihan bambu. “

   Sejak ada bambu, dalam sehari warga sekitar bisa memancing dan mendapatkan sepuluh kilogram dari berbagai jenis ikan dari Kali Pesanggrahan. Jaja Hidayat, Ketua Kelompok Tani Lindung Harapan di Kampung Tapos, Bogor, sudah membuktikan ketangguhan bambu sebagai pencegah longsor. “Daerah kami rawan longsor dan banyak tebing. Awal-awal sadarnya akan manfaat bambu ini pada saat melihat tebing yang parah, kalau ada bambu tak pernah longsor. Kuat karena akar-akarnya itu sangat kuat.

2. Memperlambat Pemanasan Global

   Belakangan, bambu juga diyakini bisa mengatasi masalah pemanasan global. Dari hutan bambu seluas lebih 1 hektar, diyakini bisa menyerap karbondioksida sampai 62 ton per tahun. Rahasianya ada pada daun dan batang bambu. Kata Elizabeth, “Kita melihat biomassanya, Pak. Kalau daun bambu di atas kertas koran di tempel-tempel, terus satunya daun jati ditempel di kertas koran, daun bambu itu mungkin ditempel jadi sekian halaman. Sementara daun jati hanya sekian halaman. Jadi biomassanya akan lebih besar. Karena daunnya kecil-kecil. Di batangnya sendiri dia punya stomata. Stomata ada mulut daun. Artinya kalau punya mulut daun, dia juga bernafas. “

3. Sebagai Tanaman Konservasi Lingkungan

   Salah satu keunggulan bambu sebagai tanaman konservasi lingkungan adalah kemampuannya dalam menjaga ekosistem air. Sistem perakaran tanaman bambu sangat rapat. Akar-akarnya menyebar ke segala arah, baik menyamping atau pun ke dalam. Lahan tanah yang ditumbuhi rumpun bambu biasanya menjadi sangat stabil. Tanaman ini tahan dari terpaan angin yang kuat. Karakter tersebut membuat bambu sangat cocok dijadikan tanaman penghijauan, terutama di daerah aliran sungai (DAS). Tanaman bambu sebenarnya juga mempunyai sifat tahan kekeringan, sehingga kemampuannya untuk tumbuh di lahan curam pada ketinggian antara satu hingga seribu lima ratus meter di atas permukaan laut juga bagus sehingga sangat berguna untuk menahan tanah dari kelongsoran.

Ribuan Jenis Bambu di Dunia

   Di seluruh dunia tercatat ada sekitar 1250-2500 jenis bambu. Sepuluh persen atau sekitar 154 jenis ada di Indonesia. Dari jumlah itu, 104 diantaranya merupakan endemik atau hanya dapat ditemukan di Indonesia. Ketua Kelompok Tani, Sanggabuana Chaerudin, bakal terus menanam bambu untuk menghijaukan 13 bantaran kali di Jakarta. Ia menamakan proyeknya ini sebagai bambunisasi . Katanya, “Saya berusaha dengan teman-teman akan membambunisasi lagi sebanyak tiga belas sungai yang ada di Jakarta. Mennghutanbambunisasi lagi. Kali Pesanggrahan, Ciliwung, Cisadane, Kali Krukut, Kali Grogol dan Kali-kali lainnya”.

source:
lipi.go.id
http://www.kabarindonesia.com/berita.php pil=4&jd=Bambu persen2C+Si+Serba+Guna&dn=20110222051052
https://jabar.tribunnews.com/2018/11/19/jarang-diketahui-ini-dia-potensi-bambu-untuk-industri-kreatif?page=all.
http://cpk-cyber.blogspot.com/2012/03/bambu-tanaman-dengan-segala-keunikannya.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

id Indonesian
X
Yuk Chat
Butuh bantuan?
Merapahsinau Live Chat
Halo 👋
Selamat Datang di Merapahsinau 😁
Ada yang bisa kami bantu mengenai "BAMBU SI SERBAGUNA"?